Real Madrid Mengejar

MALLORCA, KOMPAS.com — Gelandang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, mencetak hattrick yang menentukan kemenangan timnya 4-1 atas Mallorca dalam lanjutan Divisi Primera, Rabu (5/5/2010). Berkat hasil ini, meski masih berada di posisi kedua, Madrid mengoleksi 92 poin atau hanya kalah satu angka dari Barcelona.

Pertandingan berjalan seru sejak menit awal. Mallorca yang membutuhkan poin penuh untuk masuk zona Liga Champions dan Madrid yang juga harus menang demi menjaga persaingan juara dengan Barcelona sama-sama bermain terbuka dan saling bertukar ancaman.

Mallorca, yang bertindak sebagai tuan rumah, lebih dulu melepas ancaman melalui Borja Valero pada menit keenam. Sayang, tembakan dari luar kotak penalti itu berhasil diblok Iker Casillas.

Sumber : http://bola.kompas.com/read/xml/2010/05/06/04472613/Hattrick.Ronaldo.Menekan.Barca-8

Tiga menit berselang, giliran Madrid yang melepas ancaman melalui Ronaldo. Namun, tembakannya juga berhasil dikandaskan Dudu Aouate.

Ancaman itu tak membuat gempuran Mallorca menurun. Sebaliknya, mereka melancarkan dua serangan beruntun yang berujung tembakan akurat dari Valero dan Aritz Aduriz pada menit ke-14 dan ke-16.

Tembakan Valero berhenti dalam dekapan Casillas, tetapi eksekusi Aduriz berhasil menggetarkan gawang Mallorca. Memanfaatkan umpan Victor Casadesus, Aduriz yang berada di depan gawang berhasil menandukkannya masuk ke gawang Aouate.

Keadaan tertinggal tak memberikan Madrid pilihan selain menggulirkan bola ke depan melalui berbagai sisi lapangan. Madrid akhirnya menyamakan kedudukan melalui Ronaldo pada menit ke-26. Berada di tengah kotak penalti, Ronaldo menerima umpan Sergio Ramos dan mengirimnya masuk ke sudut kiri bawah gawang Mallorca.

Gol itu memaksa Mallorca bekerja lebih keras untuk mendapatkan kembali keunggulan mereka. Madrid sendiri seakan tak ambil pusing dengan itu dan terus melancarkan serangan.

Kedua kubu pun kembali terlibat dalam tawar-menawar serangan, yang kali ini tak membuahkan solusi apa-apa, sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Madrid langsung menampilkan permainan cepat dan bergerak lebih aktif dan agresif memanfaatkan setiap sisi lapangan untuk mengoyak jantung pertahanan Mallorca.

Setelah membuang sejumlah peluang, Madrid akhirnya bisa berada di atas angin menyusul terciptanya gol kedua dari kaki Ronaldo pada menit ke-56. Memanfaatkan umpan, yang lagi-lagi berasal dari Ramos, Ronaldo menyontek bola masuk ke sudut kiri bawah gawang Aouate.

Berbeda dari sebelumnya, gol Madrid ini memaksa Mallorca mengevaluasi pertahanan mereka. Mallorca lalu memperbaikinya. Meski kesulitan mencipatakan peluang baru, Mallorca berhasil meredam gempuran Madrid.

Setelah situasi kembali dalam kendali, Mallorca coba menggulirkan serangan pada menit ke-70. Namun, belum sempat menciptakan ancaman, Mallorca malah kecolongan gol ketiga Madrid yang dicetak Ronaldo pada menit ke-72.

Mengandalkan kualitas individunya, Ronaldo menggiring bola masuk ke jantung pertahanan Mallorca, mengecoh bek lawan, dan akhirnya menaklukkan Aouate dalam duel satu lawan satu.

Gol itu melambungkan moral Madrid dan terus menaikkan intensitas serangan mereka. Nyaris tanpa ancaman, Madrid membombardir benteng Aouate sampai berhasil membuahkan gol keempat dari kaki Gonzalo Higuain. Memanfaatkan umpan Guti, Higuain melambungkan bola dan masuk ke sudut kiri bawah gawang Mallorca.
Ulah Higuain membuat Mallorca semakin kehilangan gairah. Meski masih coba mengalirkan bola ke depan, gerakan mereka tak lagi seantusias dan sepasti sebelumnya. Meski begitu, Mallorca semakin baik dalam membangun pertahanan. Setidaknya, meski tak mencetak gol tambahan, Mallorca tak lagi kebobolan sampai pertandingan usai.

Bagi Mallorca, hasil ini membuat langkah mereka menembus empat besar tertahan. Mereka kini berada di posisi kelima dengan 59 poin atau kalah satu angka dari Sevilla di tempat keempat.

Susunan pemain:
Mallorca:
13-Dudu Aouate; 17-Ayoze, 16-Nunes, 5-Ruben Gonzalez, 3-Josemi; 19-Jose Luis Marti (6-Mario Suarez 60); 11-Gonzalo Castro, 24-Borja Valero, 10-Julio Alvarez Mosquera; 18-Victor Casadesus (14-Alhassane Keita 65), 21-Aritz Aduriz (9-Pierre Webo 78)
Madrid: 1-Iker Casillas; 2-Alvaro Arbeloa, 19-Ezequiel Garay, 18-Raúl Albiol, 4-Sergio Ramos; 22-Xabi Alonso; 24-Esteban Granero (6-Mahamadou Diarra 75), 8-Kaka (14-Guti 59), 5-Fernando Gago; 20-Gonzalo Higuain, 9-Cristiano Ronaldo (11-Karim Benzema 82)

0 komentar: