Habiskan Rp 36 Miliar untuk Sebuah ROBOT

California - Sebuah perusahaan bernama Willow Garage di Menlo Park, California, Amerika Serikat membuat robot yang mampu mengerjakan tugas membaca peta, mengenali dan mengambil obyek, membuka pintu, melipat handuk dan mengerjakan tugas rumah tangga lainnya.

Tak sedikit dana yang dihabiskan untuk mesin canggih ini, yakni mencapai US$ 4 juta atau sekitar Rp 36 miliar untuk 11 unit robot.

Robot yang diberi nama Personal Robot 2 (PR2) ini adalah mesin canggih yang terprogram secara penuh, memiliki dua lengan, kaya akan sensor berbasis mobile, dan mempunyai 16 'otak'.

Dilengkapi juga dengan open source Robot Operating System (ROS) yang mengendalikan kerangka PR2, perangkat lunak untuk menyimpan data, navigasi, dan manipulasi.

Robot ini rencananya akan dipinjamkan pada sebelas institusi yang tergabung dalam proyek Beta. Peminjaman itu berlaku untuk dua tahun.

Robot-robot itu akan dikirim ke 10 universitas di Jepang, Belgia, Jerman, Amerika, dan sisanya untuk penelitian di Bosch, sebuah perusahaan raksasa dan komponen alat.

"Proyek itu sendiri dibuat untuk berbagi kemajuan dan kesempatan untuk mengembangkan diri," ujar Eric Berger, Co-director Willow Garage, seperti dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (6/5/2010),

"Inilah yang menarik dengan robot PR2. Willow Garage mengizinkan robotnya diteliti oleh kelompok peneliti lainnya. Proyek ini memungkinkan tiap kelompok berbagi gagasan dan penemuan untuk menyempurnakannya," imbuh Andrew Ng, profesor dari Stanford University.

http://www.detikinet.com/read/2010/05/06/084557/1352038/511/robot-rumah-tangga-habiskan-rp-36-miliar/?i991101105

0 komentar: