Gerhana Bulan Sebagian Sambut Tahun Baru

JAKARTA - Di pergantian tahun malam ini, masyarakat akan disuguhi gerhana bulan sebagian. Hal ini disebutkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Pada tanggal 1 Januari 2010 akan kembali terjadi gerhana bulan sebagian (GBS). GBS ini dapat disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia pada saat dini hari," seperti dikutip okezone dari laman bmkg.go.id, Kamis (31/12/2009).

Gerhana bulan selalu terjadi pada saat bulan berada pada fase purnama. Namun demikian, tidak setiap purnama terjadi gerhana Bulan.

Hal ini karena orbit bulan mengelilingi Bumi tidak bertepatan dengan orbit Bumi mengelilingi Matahari (disebut ekliptika), tetapi membentuk sudut sekitar 5,2o.

Apabila fase bulannya purnama dan posisinya di titik perpotongan orbit bulan dan ekliptikalah, gerhana bulan akan terjadi. Contoh keadaan ini adalah pada tanggal 1 Januari 2010 nanti.

Saat itu fase bulan sedang purnama, dan posisinya hampir di titik perpotongan orbit Bulan dan ekliptika. BMKG memberikan ilustrasi, seperti dalam gambar di bawah ini.
Sumber : Okezone

0 komentar: