Andi Nurpati Harus Dipecat

Andi Nurpati akan segera diberhentikan dari anggota KPU karena menjadi pengurus Partai Demokrat. dan sudah melanggar sumpah dan kepatutan sebagai anggota KPU secara tidak hormat oleh Mantan Anggota DPR Ferry Mursidan Baldan.

"Andi Nurpati sudah melanggar sumpah dan kepatutan sebagai anggota KPU. Hendaknya anggota KPU yang lain segera menerbitkan surat rekomendasi memberhentikan Andi Nurpati secara tidak hormat dari KPU," ujar Ferry Mursidan Baldan di Jakarta, usai diskusi "Chat After Launch"  pada hari Selasa.

Ferry menjelaskannya, tindakan Andi Nurpati ini berdampak semakin menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga KPU sebagai penyelenggara Pemilu yang netral dan memberikan preseden buruk terhadap anggota KPUD. Apalagi, kata dia, sebagian daerah saat ini sedang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah maka kepercayaan masyarakat di daerah terhadap KPUD akan semakin menurun.

Mantan Ketua Komisi II DPR RI meminta agar persoalan Andi Nurpati ini tidak sampai berlarut-larut dengan meminta Andi Nurpati mengajukan surat pengunduran diri atau memberikan toleransi kepada Andi Nurpati untuk menunggu surat keputusan dari Ketua Umum Partai Demokrat.

"Jika hal ini ditoleransi maka selama Andi Nurpati masih berada di KPU itu berarti dia telah melakukan rangkap jabatan," kata mantan anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar ini.

Menurut Andi, dalam UU No 22 tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pemilu sudah ditegaskan bahwa anggota Komisi Pemilihan umum (KPU) tidak boleh melakukan rangkap jabatan, bahkan diangkat menjadi menteri pun tidak boleh.

Ferry mempertanyakan bagaimana proses Andi Nurpati bisa sampai menjadi pengurus Partai Demokrat periode 2010-2015. Realitas Andi Nurpati menjadi pengurus Partai Demokrat makin menambah kecurigaan banyak pihak, ada apa sebenarnya antara Partai Demokrat dan Andi Nurpati.

Ferry memperkirakan, proses itu tidak hanya karena dirinya direkrut oleh Partai Demokrat tapi juga Andi Nurpati mengajukan lamaran untuk menjadi pengurus partai pemenang Pemilu tersebut. "Andi harus segera memberikan penjelasan kepada publik bagaimana prosesnya masuk ke Partai Demkokrat untuk menghindari kecurigaan masyarakat," kata Ferry.

0 komentar: