Wanita Penakluk Puncak Tertinggi Dunia


KATHMANDU - Pendaki gunung asal Korea Selatan menjadi perempuan pertama yang berhasil mendaki 14 puncak gunung tertinggi di dunia. Meskipun rekornya terus dipertanyakan oleh pendaki lain, tetapi pencapaian ini menjadi hal paling membanggakan oleh perempuan itu.

Prestasi Oh Eun-Sun yang menancapkan bendera nasional Korea Selatan di puncak Annapurna, tampak jelas terlihat melalui siaran langsung lewat televisi. Puncak Annapurna yang berada di Nepal memiliki ketinggian 8,091 meter di atas permukaan laut.

Oh Eun-Sun berhasil mengalahkan pendaki wanita lain yang juga berusaha memenangkan rekor pendakian 14 puncak gunung diatas 8 ribu meter. Rekor ini pun jatuh kepada Eun-Sun.

Sesaat tiba diatas puncak tertinggi itu, Eun-Sun langsung berteriak "Mansae" atau berarti hore, sebagai tanda kemenangannya. Ia pun langsung melambaikan tangannya ke arah stasiun televisi KBS yang kebetulan meliput langsung peristiwa bersejarah itu.

"Saya merasa senang dan terima kasih," ucap Oh Eun-Sun seperti dikutip AFP, Selasa (27/4/2010). Ia pun sempat menyampaikan pesan kepada kedua orang tuanya, sambil menyatakan ingin segera pulang ke rumah.

Meski dianggap berhasil, raihan Eun-Sun masih belum dapat dipastikan. Pekan lalu, rekor pendakian gunung Kanchenjunga di perbatasan Nepal dan Tibet tahun 2009 lalu, amat diragukan oleh pihak pengawas gunung Himalaya. Hal ini disebabkan saat rekan sesama pendaki saat itu menyatakan keraguannya atas rekor Eun-Sun.
(faj)


Sumber : http://international.okezone.com/read/2010/04/27/214/326966/214/wanita-korsel-sukses-daki-14-puncak-tertinggi-dunia

0 komentar: