Atom Generasi 2 buat 'Smartphone' dan Tablet


SANTA CLARA, KOMPAS.com — Kalau platform berbasis prosesor Intel Atom generasi pertama lebih banyak ditujukan untuk netbook, maka Intel Atom generasi kedua (sebelumnya disebut Moorestown) kali ini ditujukan untuk pasar smartphone dan komputer tablet. Intel resmi menyatakan ketersediaan prosesor Atom generasi kedua dalam paket platform terbaru mulai hari Selasa (4/5/2010).

Platform ini sudah dipartisi ulang untuk memuat prosesor Atom Z6xx. Platform ini  menggabungkan core prosesor Atom 45nm dengan grafis 3-D, encode dan decode video, serta pengendali memori dan tampilan dalam rancangan SoC tunggal. Prosesor tersebut berbasis proses daya rendah dan dibuat dengan teknologi 45 nm dengan 140 juta transistor.

Selain itu, platform ini juga memuat Hub Pengendali Platform MP20 yang menunjang beberapa fungsi tingkat sistem dan blok I/O. Platform terbaru juga sudah dilengkapi sebuah Mixed Signal IC (MSIC) tersendiri untuk mengintegrasikan pengiriman daya, pengisian baterai, dan mengonsolidasikan berbagai komponen analog dan digital.

"Intel telah mengantarkan produk pertamanya yang membukakan pintu bagi Intel Arsitektur (IA) dalam segmen pasar smartphone," kata Anand Chandrasekher selaku Senior Vice President Intel dan General Manager Ultra Mobility Group dalam siaran persnya. Platform terintegrasi tersebut mendukung berbagai sistem operasi dan segmen pasar, tidak hanya smartphone, tetapi juga komputer tablet dan perangkat genggam lainnya.

Kemampuannya sekelas platform prosesor PC yang bisa melakukan akses internet cepat, multitasking, menjalankan video kualitas HD 1080p penuh, merekam video HD 720p, grafis 3-D, konferensi video, dan suara multi-poin. Namun, di sisi lain, kebutuhan daya ditekan hingga 50 kali lebih kecil dibandingkan platform generasi sebelumnya, pengurangan kebutuhan daya untuk menjalankan data audio hingga 20 kali lipat lebih kecil dan pengurangan daya selama browsing, serta skenario video sampai 2-3 kali lebih kecil. Dengan penghematan daya ini, perangkat bisa memiliki waktu standby hingga lebih dari 10 hari, pemutaran audio sampai 2 hari, dan daya tahan baterai untuk browsing dan video sampai 5 jam.

Yang mencengangkan lagi, platform baru ini mampu bekerja dengan frekuensi hingga 1,5 GHz untuk smartphone serta sampai 1,9 GHz untuk tablet dan peralatan genggam lainnya. Cip ini juga mendukung Wi-Fi, 3G/HSPA, WiMAX, dan juga berbagai sistem operasi, terutama Android, Meego, dan Moblin
 
Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2010/05/05/20454178/Atom.Generasi.2.buat.Smartphone.dan.Tablet

0 komentar: