Beda Manfaat Jus Murni dan Campuran

VIVAnews - Jus buah murni menyediakan lebih banyak manfaat dibanding jus buah atau minuman lain yang telah dicampur berbagai bahan. Menurut para pakar kesehatan, anak-anak dan remaja yang mengonsumsi minuman jus buah murni lebih banyak mendapat asupan nutrisi penting dibanding anak dan remaja yang mengonsumsi minuman lain.

Anak-anak berusia antara dua hingga lima tahun yang mengonsumen jus 100 persen dari buah-buahan secara signifikan memperoleh asupan vitamin C, potasium, dan magnesium. Tubuh mereka juga lebih sedikit mendapat zat gula atau pemanis.

Seperti dikutip dari laman harian The Telegraph, para peneliti yang menjalankan survei bernama National Health and Nutrition Examination Survey selama tiga tahun untuk membandingkan pola makan tersebut, juga menemukan keterkaitan antara mengonsumsi jus dan memakan buah, serta makanan dari gandum.

Para peneliti dari Louisiana State University Agricultural Center and Baylor College of Medicine, Amerika Serikat (AS) mengatakan, anak-anak berusia antara enam dan 12 tahun dengan pola makan demikian juga menunjukkan asupan nutrisi penting lebih tinggi, seperti serat.

Sebaliknya, peneliti menemukan bahwa rata-rata anak-anak berusia dua hingga 18 tahun yang diberi minuman bukan jus buah tidak memenuhi level asupan yang direkomendasikan untuk sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin A dan C, serta asam folat.

"Seratus persen jus buah memainkan peran penting dalam pola makan anak dan remaja, menyuplai nutrien penting selama masa pertumbuhan dan perkembangan," kata Dr. Carol O'Neil. Survei ini dilakukan setelah sebuah penelitian lain justru menemukan bahwa minuman jus bisa membuat gigi berlubang dan menyebabkan kegemukan. (umi)


Sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/148005-beda_manfaat_jus_murni_dan_campuran

0 komentar: