32 Tewas Akibat Banjir Bandang di Portugal

PORTUGAL - Banjir bandang yang terjadi di sebuah kepulauan di Portugal menewaskan sedikitnya 32 orang. Banjir yang melanda kepulauan Medeira itu terjadi pada Sabtu waktu setempat.

"Wilayah yang dilanda banjir bandang itu terdapat di Funchal dan Ribeira Brava. Sekira 32 orang diperkirakan tewas. Sementara sebagian besar orang hanya melongo melihat kejadian," kata Kepala Deputi Bidang Perlindungan Sipil, Pedro Babrosa saat dikonfirmasi reuters, Minggu (21/2/2010).

"Saat ini cuaca sudah mulai membaik dan kami akan memulai untuk melakukan evaluasi kerusakan," kata Pedro.

Akibat banjir bandang yang penuh dengan lumpur itu banyak menumbangkan pepohonan, merobohkan jembatan, memutus jalan dengan lumpur dan bebatuan yang berasal dari kepulauan Atlantic yang menjadi wilayah tujuan para turis di Portugal.

Sementara itu kepala daerah di Kepulauan Medeira Joao Jardim mengatakan sekira 68 orang saat ini dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis. Pemerintah juga mendirikan tenda-tenda darurat bagi ribuan warga yang kehilangan tempat tinggal.

Kepulauan Medeira merupakan wilayah favorit turis lokal maupun mancanegara untuk dikunjungi. Kepulauan Medeira terletak sekira beberapa kilometer dari Kota Lisbon, Ibukota Portugal.(ahm)
 
Sumber : Okezone

0 komentar: