Pesan SBY Pesankan Tiga Hal dalam Peresmian Jembatan Suramadu

Peresmian Jembatan Suramadu, Rabu (10/6) yang dipusatkan Kabupaten Bangkalan, Madura dijadikan forum khusus bagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menyampaikan pesannya tentang pengembangan wilayah Madura pasca keberadaan jembatan tersebut.

Dalam pidatonya SBY mengatakan, tiga pesan khusus tersebut diantaranya kami sampaikan kepada Menteri Pekerjaan Umum untuk menyelesaikan pasca pembangunan Suramadu dengan berbagai kawasan di sekitar Surabaya dan Madura, terhadap PT Jasa Marga selaku operator tol untuk mamberikan pelayanan jalan tol yang murah, mudah dan baik pada pengguna jalan tol Surabaya Madura, serta kepada Gubernur Jatim SBY juga berpesan dengan pembangunan Jembatan Suramadu ini bisa meningkatkan pembangunan di Jatim.

Terhadap Gubernur Jatim, SBY meminta secara khusus supaya menyelesaikan berbagai persoalan terkait kapal feri yang mengangkut penumpang dari Ujung-Kamal. Persoalan ini jadi suatu hal yang hingga kini masih diperdebatan terutama Gapasdap dari Gabungan Pengusaha Kapal Feri.
Acara peresmian yang dilakukan di kaki jembatan sisi Pulau Madura, tepatnya di Desa Sukolilo Barat, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, juga sebagai penanda peristiwa bersejarah bagi PT Pos Indonesia. Karena pada kesempatan tersebut juga diterbitkan perangko dan sampul hari pertama bergambar Jembatan Suramadu. Presiden pada kesempatan itu mendantangi perangko seri pertama, usai menekan tombol peresmian jembatan.

Lebih lanjut dalam sambutannya, SBY mengatakan bahwa pembangunan jembatan Suramadu dan proses rangkaian rekontruksi penuh dengan dinamika. "Satu hal yang patut kita catat adalah tekad anak bangsa untuk membangun jembatan yang besar ini sungguh luar biasa. Meskipun kita didera krisis demi krisis, semangat kita tak pernah pudar dan akhirnya dengan ridha Allah SWT dan kerja keras semua pihak disertai dukungan rakyat, karya besar ini dapat dipersembahkan kepada Ibu Pertiwi," kata SBY di depan ribuan undangan yang hadir.

Presiden berharap dengan selesainya jembatan ini harus di tindak lanjuti dengan mempercepat wilayah sekitarnya, sebagai jembatan yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Madura untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi utamanya di pulau Madura. "Dalam kaitan ini, saya telah membentuk Badan Pengembangan Wilayah Suramadu sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden No 2007 Tahun 2008. Keberadaan BPWS kita tujukan untuk mengoptimalkan pengembangan wilayah Surabaya dan sekitarnya dan Madura sebagai pusat pengembangan perekonomian Jawa Timur," ujar SBY.ini adalah beberapa foto jembatan suramadu










Presiden juga minta agar pengembangan wilayah ini harus terkordinasi, terarah dan terpadu. "Libatkan semua pihak, termasuk tokoh-tokoh masyarakat agar percepatan pembangunan kawasan sekitar Suramadu dapat berjalan dengan baik ," kata SBY.
Sumber : http://www.suramadu.com/berita/40-berita/163-sby-pesankan-tiga-hal-dalam-peresmian-jembatan-suramadu.html

0 komentar: